Melawan malas


Buka blog pribadi temen-temen blogger lainnya kok rasanya ngiri banget, entah setiap hari, dua hari sekali atau seminggu sekali. Setiap saya buka halaman blog mereka,
selalu ada saja tulisan baru, segar dan yang nggak kalah asyiknya, tulisannya orisinil..bukan hasil kopas..hihihi kopi paste maksudku.

laptop, malas menulis artikel
Sulitnya menulis mengikuti rasa malas | Foto : pixabay.com
Saya enggan membahas blogger-blogger kopas lainnya yang memang kejar trafik buat cari income, toh itu cara mereka untuk mencari penghasilan. Tapi jujur, mengisi konten blog dengan artikel kopas atau spin jauh lebih mudah ketimbang nulis artikel baru dan orisinil. Itu menurut pendapat saya lho, kalau pendapat Anda bagaimana ?

Jadi kadang ada temen blogger lain yang meradang gara-gara tulisan originalnya yang dibuat susah-susah, eh tiba-tiba dikopas blogger lainnya. Buat saya wajar saja jika pemilik tulisan aslinya marah karena tulisannya dikopas tanpa ijin, apalagi tanpa mencantumkan sumber artikelnya..Nulis konten baru yang segar dengan ide sendiri, jujur banget susah dan memakan waktu.

Kopas alias kopi paste, pernahkah ?

Jujur selama beberapa tahun ngeblog, pernah juga kopas artikel dari blog lainnya..Itu seingat saya, waktu awal-awal belajar bikin dan ngedesain blog. Jadi karena nggak sabar pingin blognya bisa terisi artikel dengan cepet, akhirnya kopas artikel dari sana-sini buat mengisi blog terlebih dahulu..mungkin ada sekitar 5 s/d 6 artikel kopasan yang pernah saya kopas tanpa edit sama sekali untuk mengisi blog baru saya waktu itu.

Kalau spin artikel ?

Artikel spin ? . Menurut teman-teman blogger lain, istilah spin bisa diartikan dengan mencari ide tulisan dari blogger lain dan menulisnya ulang dengan gaya tulisan sendiri,  dengan makna artikel masih tetap seperti aslinya.

Spin artikel pernah dong saya lakukan dan ini yang paling sering, selain mudah untuk mencari ide saat kehabisan ide menulis. Dengan spin artikel kita juga bisa sambil belajar menulis, sembari belajar memahami tulisan blogger lain juga.

Sulitnya menjadi blogger produktif

Keingin dan rencana sehari bisa menulis satu atau dua artikel, itu rencananya !.., tetapi rencana biasanya tetap rencana dan akhirnya urung terlaksana. Ngantuk, lelah, letih dan lesu..haduuh itulah musuh terberat  dan terkuat yang sering menjadi penghalang menjadi seorang penulis mandiri untuk blog pribadi.

Kadang kala, ketika idenya sudah ada ternyata justru mood sedang enggak jalan..ngetik sebaris, dua baris dan tiga baris berhenti dan berakhir masuk folder tunda..hehehe..

Jadi benar-benar kadang saya merasa iri ketika blog walk, buka blog ini artikelnya baru dan buka blog yang lainnya artikelnya baru juga..Lha blog punyaku mau diisi kapan dan cerita apa ?

Pada kenyataannya rasa malas memang tidak harus diikuti. Tetapi harus dilawan, panaskan otak, semangat mengetik, ketik, ketik dan ketik..edit belakangan. Akhirnya, jadilah tulisan ini, semoga bisa menjadi penyemangatku melawan mood yang turun dan rasa malas yang seolah mengikat punggungku untuk terus bersandar dikursi tanpa berbuat apapun.

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Melawan malas"

  1. Heeee, yang penting latihan dikit-dikit, mas. Kalau nanti ada ide langsung tulis aja walau 1 alenia. Pasti nanti bakalan nambah kok :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, kedatangan blogger aktif sekaligus penulis buku..makasih sarannya Mas..sip lah..

      Hapus
    2. Malas memang harus dibabat mas, jangan dipelihara �� *sendirinyasukamalas*

      Hapus
    3. Eh, ada Mba.Olive..TQ sudah mampir di mari Mba..

      Hapus