Ngerasain senyapnya kabin Patas Efisiensi SHD

Rasanya sudah hampir 12 tahunan lebih, saya mengenal dan menggunakan jasa Bus Patas Efisiensi dengan rute Cilacap-Jogja dan sebaliknya.

Meski tidak sering, tetapi hampir setiap bepergian ke Jogjakarta atau pulang ke Cilacap, sebisa mungkin saya selalu memilih menggunakan PO Efisiensi ini.
Patas Efisiensi armada SHD
Selain mencari kenyamanan, menggunakan Bus Patas juga dirasakan lebih efektif dan cepat, karena Bus jarang berhenti apalagi sampai ngetem untuk menunggu penumpang. Memang dengan menggunakan jasa Bus Patas, ticket yang harus kita beli lebih mahal daripada bus biasa. Tetapi faktor kenyamanan dan efektivitas perjalanan merupakan sebuah prioritas dan tujuan menggunakan jasa bus Patas.

Bus Patas selain jarang dan asal berhenti, bus juga dilengkapi dengan pendingin ruangan AC, bus yang selalu bersih kinclong dan armada yang selalu segar membuat penumpang merasakan kenyamanan lebih selama perjalanan di dalam Bus.

Kenapa memilih Efisiensi ?

Satu hal yang unik dan menjadi ciri khas dari Patas Efisiensi adalah armada Bus yang selalu terlihat bersih, baru dan segar. Hal ini karena management Efisiensi hanya menggunakan armada mereka selama kurang dari 3 Tahun pemakaian. Biasanya sebelum mencapai masa waktu pemakaian tersebut, Bus sudah dijual untuk diganti dengan armada bus yang baru dan fresh, bersih kinclong dengan model terbaru juga.

Ini lah yang menjadi alasan kenapa saya selalu memilih Patas Efsiensi jika bepergian ke Jogjakarta atau sebaliknya pulang ke Cilacap.

Bus SHD, armada terbaru dari Patas Efisiensi

Mungkin sudah hampir beberapa  bulan ini, beberapa armada Efisiensi menggunakan Bus model terbaru dengan deck penumpang yang lebih tinggi. Model Bus dengan Deck penumpang tinggi ini ada yang menyebutnya dengan istilah SHD, kalau nggak salah SHD merupakan kepanjangan dari Super High Deck.
Bus Efisiensi SHD terlihat seperti Bus susun
Melihat jangkungnya Bus model SHD dari Efisiensi ini semula saya pikir berupa Bus susun atau Bus Tingkat, ternyata bukan dan merupakan Bus dengan deck penumpang yang tinggi dengan ruang bagasi barang di bawah yang sangat lega.

Bergoyang kah menggunakan Bus tinggi ?

 Asumsi saya salah !, goyangan Bus yang semula saya perkirakan karena melihat badan Bus yang tinggi  jangkung ternyata hampir tidak terjadi. Justru rasa nyaman duduk lebih tinggi di dalam Bus, bisa melihat sekeliling dengan lebih jelas dan bebas.

Keistimewaan lain selama 4 jam perjalanan Jogjakarta-Cilacap adalah, goncangan dari ban ketika membentur lubang di jalan justru kurang terasa, suara benturan terdengar lebih senyap dari kabin penumpang,  mungkin karena jarak roda dengan posisi duduk penumpang yang lebih jauh.

Kinclong di luar, mewah di dalam

Tak ayal, Bus yang baru beberapa bulan dioperasikan ini terlihat sangat glamour dengan penampilan dan juga warnanya ketika menyusuri sepanjang jalur selatan, Cilacap-Jogjakarta atau sebaliknya.
Suasana di dalam Bus

Menilik ke dalam kabin penumpang, suasana di dalam kabin penumpang juga terlihat elegant dan mewah. Balutan kulit pada jok penumpang sangat terasa kenyamanan dan kemewahannya, ditambah dengan kelengkapan layar LCD pada setiap punggung kursi penumpang menambah suasana di dalam bus terasa sangat glamour dan mewah.

Pasti mahal tarifnya !

Untuk merasakan kenyamanan di dalam kabin Patas Efisiensi SHD, ketepatan waktu tempuh dan dinginnya AC di dalam Bus. Anda tidak perlu merogoh dompet dalam-dalam, Cilacap-Jogjakarta atau sebaliknya, kita cukup merogoh dompet sebesar 60 ribu saja..sangat murah bukan..
Suasana ruang ticketing Ambarketawang
Dan yang lebih saya sukai dari PO Efisiensi ini, management Efisiensi juga meniadakan sistem Tiket hangus jika Anda tertinggal bus atau membatalkan perjalanan. 
Ruang tunggu keberangkatan Ambarketawang yang cukup nyaman
Ticket akan direfund full tanpa potongan apapun jika Anda membatalkan perjalanan. Atau berganti jam keberangkatan ketika Anda tertinggal jam keberangkatan bus yang Anda pesan sebelumnya. 

Cerita dari sebuah perjalanan

Postingan terkait:

7 Tanggapan untuk "Ngerasain senyapnya kabin Patas Efisiensi SHD"

  1. aku kok kangen naek bus ya.

    dulu jaman sekolah sby-pati akrab banget ama bus :D

    BalasHapus
  2. Bus, jaman sekarang keren-keren Mas..jarak jauh sekalipun pasti nyaman dan ngga terlalu melelahkan ya..ayo Mas, sesekali naik Bus..

    BalasHapus
  3. enaknya lagi, kita bisa dijemput menggunakan armada shuttle menuju ke poolnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mas Nuz, nambah 5K naik Shuttle nyaman sampe pool...

      Hapus
  4. aku termasuk jarang naik bus kalo bepergian.. sbnrnya krn males krn bus di sini kbnayakan kotor, ga nyaman.. tapi kalo busnya bgs kyk patas efisiensi ini udh jelas ga masalah lah ;).. sbnrnya gpp jg kalo hrgnya mahal, yg ptg terawat dan bersih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, kecenderungan konsumen angkutan jaman sekarang sepertinya bayar lebih mahal dikit tapi nyaman, aman dan tepat waktu lebih prioritas.

      Hapus
  5. efisiensi alias bis ngapak,,, XD

    BalasHapus