Manfaat dan sisi positif aktivitas blog walking

Blok walking atau mengunjungi banyak blog milik blogger lain menurut pakar atau praktisi SEO dianggap salah satu cara membangun trafik kunjungan ke blog milik kita.
Cara tersebut dianggap paling praktis dan mudah bagi blogger baru yang ingin memperkenalkan blog miliknya dan juga sekaligus membangun trafik kunjungan pada blog miliknya.

Foto dari pixabay.com
Aktivitas blog walking biasanya dilakukan dengan cara, membuka blog milik blogger lain kemudian mengisi kolom komentar pada salah satu artikel yang ada. 

Kemudian komentar kita akan terlihat dengan nama kita yang akan ikut terlihat oleh pengunjung blog di atas komentar tersebut, jika nama komentator diklik oleh pengunjung lain maka akan secara otomatis akan mengarah dan membuka pada blog milik kita.

Illustrasi simpelnya dari aktivitas blog walking adalah demikian.

Kekurangan aktivitas blog walking 

Blog walking selain dianggap cara termudah mendatangkan pengunjung, blok walk juga dianggap bisa memberikan backlink untuk blog yang URL-nya tertanam pada kolom komentar. Jadi ketika blogger pemilik blog berkomentar dan meninggalkan URL blognya, maka blog tempatnya berkomentar akan menjadi blog referall bagi blognya.

Karena hal tersebut, blog walk menjadi salah satu alternaif termudah membangun backlink sekaligus sebagai cara mempromosikan blog pada blogger lainnya. Sehingga blog walking sering dilakukan dengan cara yang asal-asalan dan cenderung hanya mengejar jamak pencarian BL atau backlink saja.

Sering terlihat komentar basa-basi dan tak jarang juga yang berkomentar justru tidak sesuai dengan isi konten tulisan yang di komentari, itulah yang terjadi jika blog walking hanya sekedar promosi blog dan pencarian BL saja.

Jika demikian adanya, aktivitas blog walk memang menjadi terkesan garing dan menjemukan. Karena aktivitas blog walk hanya bertujuan membangun trafik kunjungan saja, sehingga tujuan blog walking hanya untuk meninggalkan jejak link blog.

Manfaat lain blog walking selain membangun trafik

Bagaimana blog walk yang baik ? . Menurut praktisi SEO, jika akan melakukan aktivitas blog walking, pilihlah blog dengan niche/tema yang sejenis dengan tema atau genre blog yang akan kita promosikan. Jadi jika blog kita bergenre atau bertema pariwisata, maka blog walk dan berkomentarnya akan lebih baik pada blog lain yang bergenre sejenis juga.

Tentunya kurang pas dan benar adanya jika blog Anda bergenre pariwisata tetapi Anda justru blog walking  dan berkomentar pada blog dengan niche hobi ternak binatang.

Karena blog walking yang bagus harus dilakukan pada blog dengan niche sejenis atau berhubungan kontennya, maka ada manfaat yang lebih dari sebuah aktivitas blog walking selain berkomentar, meninggalkan link url dan mencari backlink. Apa manfaatnya ?

Belajar gratis ?

Mengunjungi blog-blog lain dengan niche/tema sejenis  dan saling berhubungan justru membuat saya bisa mendapatkan manfaat lain yang lebih dari sekedar dapat pengunjung dan mendapatkan backlink.
Saya bisa membandingkan dan melihat blog lain dengan niche yang sejenis atau minimal berhubungan. Saya bisa membandingkan cara penulisan, kualitas blognya hingga pada gaya desain blognya.

Selain itu, karena sering blog walking menjadikan saya banyak menemukan dan membaca blog-blog lain yang bisa saya pelajari gaya penulisannya, sumber artikelnya dan juga jika kehabisan ide menulis, kita bisa juga lho mencontoh ide tulisannya.

Jadi jika kita melakukan dengan benar..blog walking bisa menghasilkan manfaat lebih selain dari sekedar berkomentar, mendapatkan kunjungan balik dan mendapat backlink. 

Semoga bermanfaat

Postingan terkait:

12 Tanggapan untuk "Manfaat dan sisi positif aktivitas blog walking "

  1. sebagai buruh, saya agak kesulitan untuk menyempatkan diri blogwalking ke "rumah" teman-teman. makanya saya termasuk jarang. pengen banget sih bisa silaturahmi rutin di dunia maya, tapi gimana lagi, waktu tersisa untuk kerjaan kantor, urusan keluarga dll hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Khusus buruh yang satu ini saya kasih jempol banyak deh Mas..hehehe, buruh yang nggak suka demo, tapi buruh kreatif dengan fahmianhar.com nya..ini juga salah satu blog tempat saya belajar lho..keren Mas..

      Hapus
  2. Aku sejauh ini blogwalking biar dapet banyak temen sesama blog. Perihal nyari yang sama genrenya sama blogku sendiri sih, aku nggak gitu :) berbauuur sama semua lebih enak kan ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mas, berbaur memang lebih baik..jadi banyak mengenal karakter blog dan blogger senior lainnya.. :-)

      Hapus
  3. blogwalking buatku jadi ajang silaturahmi juga lho..
    terima kasih kunjungan ke blogku ari..., blog ini bagus deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Bu, selain silahturahmi..blog walk juga menambah teman dan tentunya persaudaraan..

      Hapus
  4. belajar gratis, thats is asal ninggalin jejak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...TQ Mba Ayu, sudah nyempetin mampir dimari..

      Hapus
  5. hai mas ari kuswanto..

    untuk pertama kalinya saya berkunjung ke blog mas ari sore hari ini..

    saya setuju dengan pendapat mas ari tentang blog walking

    bila kita yang mau berkomentar cuma meninggalkan komenatr semisal : Mantap gan, Thanks infonya dan lain lain tentu tidak ada faedahnya,,,

    tetapi berbeda bila kita berkomentar denga lugas, cerdas, bernas sesuai pendapat kita ke blog yang mau di komentari itu..

    salam mas arii

    Mukhofas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul-betul Mas..baca hingga akhir, baru berkomentar..jadi komentarnya pun sesuai, kemudian nilai plus lainnya menambah wawasan karena kita sudah membaca artikelnya sampai selesai.

      Hapus
  6. Keterbatasan kuota internet membuat saya hanya sempat blogwalking pada tengah malam. Itu pun kalau tidak ketiduran, hehehe ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah, yang bener Mas..dibatasi Quota Internet..hehehe, TQ sdh mampir Mas..

      Hapus