Tips ngeblog buat yang coba-coba


Siapa bilang membuat blog itu susah dan rumit, membuat sebuah blog tidak lah serumit yang dibayangkan. Untuk memiliki sebuah blog dengan membuatnya sendiri mungkin hanya membutuhkan waktu sekitar 5 s/d 10 menit lamanya. Jadi semudah kita membuat akun facebook lho !..beneran..


Tapi rupanya banyak juga lho, netizen yang beranggapan bahwa membuat blog itu sulit, harus bisa bahasa pemrograman hingga  harus seorang yang ngerti komputer. Anggapan tersebut pernah terbukti ketika saya memperkenalkan tentang blogging pada beberapa remaja putri di sebuah lembaga kursus keterampilan. Tertarik kah mereka ?..tidak, minat mereka sangat kurang karena mereka beranggapan ngeblog itu susah dan ribet.
Foto : Pixabay.com
Tapi ah, sudahlah..mungkin perlu bukti dan hasil terlebih dahulu sebagai pembuktian, bahwa dengan ngeblog selain bisa menjadi wadah berlatih menulis, blogging juga bisa menjadi sumber mata pencaharian Keluarga..hehehe..kalau yang udah guede sih penghasilannya.. :)

Tapi ngomong-ngomong apa aja sih, manfaat dari ngeblog..mari sedikit saya uraikan di bawah ini menurut pendapat saya..

  1. Dengan ngeblog, kita bisa berbagi informasi berupa informasi wisata, kesehatan, tips dan trik, pelajaran dan lain sebagainya.
  2. Wadah memajang tulisan bagi yang berbakat dan suka menulis, menggunakan blog kita bisa menuangkan kreativitas tulisan kita agar mudah dibaca orang. Karena mengirim tulisan kita pada media mainstream belum tentu mudah diterima, apalagi jika kita masih belajar.
  3. Bisa untuk belajar desain blog atau web juga, memiliki sebuah blog pasti kita ingin menampilkannya dengan tampilan yang keren dan apik ketika dilihat pengunjung. Ketika hal tersebut terjadi, tentu kita menjadi terpaksa belajar sedikit demi sedikit tentang desain dan coding html untuk mempercantik blog kita.
  4. Banyak membaca, jika Anda sudah merasa ketagihan dengan ngeblog, pada akhirnya Anda juga akan merasa dikejar-kejar untuk menghasilkan tulisan baru. Karena membutuhkan tulisan fresh dan baru, maka Anda pun akan lebih banyak membaca untuk mencari ide yang lebih baru dan segar.
  5. Mengurangi dampak negatif dari internet, ngeblog setidaknya bisa mengalihkan perhatian kita untuk membaca dan membuka website dengan konten-konten yang negatif dan cenderung kurang mendidik.

Mudahkah membuat sebuah blog ?

Membuat blog itu gampang dan simpel kok, menurut pendapat saya..Ya begitulah, karena kita membuat sebuah blog hanya membutuhkan waktu kurang dari 20 menit..mudah bukan, semudah membuat sebuah akun social media.

Pilih platform blog

Ada banyak platform penyedia blog di internet yang menyediakan fasilitas blogging gratis, ada wordpress, blog detik, tumbller dan blogspot dari google. Sobat bisa pilih salah satunya. Tetapi dari beberapa platform penyedia blogging gratis di atas, yang cukup populer dan dijadikan andalan oleh blogger Indonesia yaitu platform blogspot dan wordpress dot com.
gambar : pixabay.com
Detail dan cara membuat blog bisa Sobat googling sendiri di internet, karena cukup banyak tersedia tutorial cara membuat blog di internet. Atau membeli buku-buku tutorial cara membuat dan mendesain blog di toko buku seperti Gramedia juga cukup banyak tersedia.

Desain dan rambu larangan yang harus kita hindari ketika membuat blog

Hal-hal terkait desain dan penampilan sebuah blog juga merupakan sebuah kunci dari sukses atau tidaknya blog milik kita. Blog yang tampil sederhana, informatif, artikelnya bermanfaat, tidak terdapat banyak aksesoris aneh-aneh, eye catching dan fast loading merupakan point supaya pengunjung senang berlama-lama membaca blog kita.

Berikut ini hal yang harus Anda hindari dari desain sebuah blog :

  1. Hindari menggunakan iklan pop-up atau iklan melayang menutupi artikel di halaman blog.
  2. Jangan gunakan facebook fanspage muncul pertama kali dan menutup artikel yang akan pengunjung baca, bagaimana mau ngelike fanspage padahal pengunjung belum baca artikelnya ?
  3. Gunakan background dasar blog berwarna putih, dengan tulisan artikel hitam..warna putih merupakan warna netral dan tidak menyakitkan mata, sedangkan teks berwarna hitam juga merupakan warna dasar teks yang nyaman dibaca pembaca blog.
  4. Hindari memasang atribut aneh-aneh lainnya seperti : animasi ikan melayang, daun melayang, musik dan lainnya yang justru akan memperlambat loading blog.
  5. Hindari juga menggunakan font yang aneh-aneh, kecil-kecil dan juga berwarna mencolok terang benderang menyakitkan mata pembaca..hehehe..

Kesimpulan


  • Ngeblog sebenarnya nggak terlalu rumit dan bisa dilakukan tanpa coding html yang membingungkan, buat yang masih awam coding html !.
  • Desain dan buatlah blog sebaik mungkin, untuk lebih mudahnya coba bayangkan bahwa Anda adalah calon pengunjung blog yang akan Anda buat. Buatlah blog Anda terlihat Eye catching dan fast loading, hindari aksesoris yang berlebihan.
  • Isilah blog dengan artikel yang positif, bermanfaat dibaca dan akan lebih baik lagi jika artikel mampu memberikan sebuah penyelesaian bagi pengunjung blog Anda.
  • Hindari mendesain blog yang terkesan Alay..hehehe..


Semoga bermanfaat


Postingan terkait: