Menikmati Sate ambal ditambah potongan ketupat di RM Asli Kutowinangun


Setiap perjalanan dari Jogjakarta ke Cilacap atau sebaliknya, memilih singgah di RM. Asli Kutowinangun sepertinya merupakan pilihan yang strategis dan tepat.
Karena rumah makan tersebut tepat berada di tengah perjalanan dari Jogjakarta menuju Cilacap, selain  bisa untuk melepas lelah sejenak, berhenti juga bisa dimanfaatkan untuk sekedar mengistirahatkan mesin kendaraan setelah berjalan kurang lebih 2 jam perjalanan.


RM Asli Kutowinangun merupakan rumah makan favorit pilihan saya untuk berhenti istirahat jika kebetulan menempuh perjalanan dari Jogja ke Cilacap atau sebaliknya, karena selain berada di tengah-tengah perjalanan. Istirahat di RM. Asli Kutowinangun juga merupakan pilihan untuk berhemat di tengah perjalanan karena aneka menu makanan, minuman dan jajanan yang ditawarkan tergolong murah dan terjangkau.

Ada banyak makanan, minuman dan jajanan yang disajikan di RM. Asli Kutowinangun, mulai dari Nasi Sop, Kare Daging, baceman Iso, Sate telur puyuh, Jahe susu dan jajanan wajib yang bisa Anda coba di RM Asli yaitu Gemblong ketan bakar, Wajik, Cucur dan juga Jenang krasikan. 
Jajanan-jajanan tersebut merupakan jajanan khas dari RM. Asli Kutowinangun. 

Sate Ambal Kebumen

Sering kali singgah di RM Asli menjadikan saya sudah hampir mencicipi merata semua menu yang ditawarkan disana. Untuk kali ini karena perut belum terlalu lapar setelah makan siang tadi di Jogja, saya memilih memesan Sate Ayam khas Ambal yang merupakan Sate Ayam asli dari Ambal Kebumen.

Sate ayam Ambal bukan merupakan menu makanan yang ditawarkan oleh RM Asli, namun menu sate tersebut bisa kita pesan di lapak-lapak yang ada di sekitar RM. Asli. Cukup memesannya, maka penjual sate akan memahami dan langsung mengantar pesanan kita ke dalam RM. Asli.

Keunikan Sate ayam Ambal

Sate ayam pada umumnya di daerah lain berbumbu kacang yang dihaluskan dan kecap sebagai pemanisnya. Beda halnya dengan sate ayam ambal yang justru menggunakan bumbu Tauco dan gula kelapa sebagai pemanisnya, pada Sate ambal kita malah tidak akan menemukan dan merasakan manisnya kecap atau gurihnya kacang tumbuk.

Sate justru berwarna kekuningan oleh baluran kunyit dan rempah bumbu lainnya, saat proses pembakan pun sate tidak dicelupkan ke dalam kecap tetapi sate dicelupkan ke dalam bumbu tauco yang sudah diberi pemanis gula kelapa.

Harga sate ayam ambal

Untuk sepuluh tusuk sate dengan irisan 1 buah ketupat, kita cukup merogoh dompet sebesar Rp. 16.000,- saja. Irisan daging satenya juga besar-besar lho, jadi rasanya harga tersebut sesuai dengan rasa dan nikmatnya 10 tusuk sate dengan irisan ketupatnya.

Saran saya jika Anda memesan Sate ayam Ambal, pesanlah 10 tusuk sate dengan ketupat, jangan pesan 1 porsi, karena memesan 1 porsi berarti memesan 20 tusuk..hehehe..aneh bukan...


Postingan terkait: