Tips memilih waktu terbaik untuk menulis blog

Blogging atau ngeblog memang identik dengan penulisan artikel, blog yang baik adalah blog yang selalu terupdate dengan artikel-artikel baru dan segar sebagai isinya. 

Namun membuat dan menulis artikel bukanlah aktivitas pekerjaan yang mudah, menulis membutuhkan konsentrasi dan juga mood yang baik agar bisa menghasilkan tulisan yang berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca.
Sumber gambar : maxmanroe.com
Namun jika kita selalu menunggu mood ketika akan menulis untuk mengisi blog, hal tersebut bisa jadi justru membuat blog sering terbengkalai karena posting artikel yang selalu diundur karena menunggu mood baik untuk menulis.

Mensiasati waktu dan mood menulis.

Dalam sehari tentu kita akan memiliki waktu-waktu terbaik, yaitu waktu disaat keadaan fikiran, tenaga dan juga kondisi fisik berada dalam kondisi yang nyaman dan prima sehingga bisa dikatakan sedang mood.

Pada saat waktu-waktu tersebut sebaiknya kita manfaatkan benar-benar untuk produktif menulis, dengan memanfaatkan waktu produktif saat mood sedang baik kita bisa membuat beberapa atau banyak artikel untuk mengisi blog. 

Untuk itu, kita harus jeli mengenal kondisi fisik dan mood kita sehari-hari, jika bisa melakukan hal tersebut maka kita bisa benar-benar menjadi seorang blogger yang produktif dalam hal menulis. Kenali moment waktu di bawah ini dalam sehari, yang bisa dijadikan untuk waktu produktif menulis konten blog, baik pagi-siang atau malam sesuai mood terbaik Anda.

1. Pada pagi hari

Pagi hari, waktu ini merupakan waktu yang cukup favorit bagi saya untuk menulis. Pagi hari, kondisi fikiran dan tenaga masih segar setelah bangun tidur, pada pagi hari juga keadaan masih dingin dan lingkungan cukup tenang.

Jika Anda ingin memanfaatkan pagi hari untuk menjadi waktu produktif menulis, maka beristirahatlah dengan baik pada malam harinya. Agar pagi hariny dapat bangun lebih awal dan badan dalam kondisi segar dan bersemangat.

2. Pada siang hari

Jika Anda tergolong orang yang cukup sulit bangun pagi-pagi, memilih waktu siang hari untuk menulis memang bisa dijadikan pilihan. Namun memang, karena menulis membutuhkan ketenangan dan konsentrasi, memilih waktu menulis pada siang hari tentu beresiko terdapat gangguan keramaian dan bising dari lingkungan.

Namun jika Anda tergolong orang yang bisa berkonsentrasi dalam kebisingan dan tahan gangguan dari sekitar, menulis di siang hari bisa dijadikan pilihan waktu produktif.

3. Pada sore hari

Jika Anda tidak bisa memanfaatkan waktu menulis pada pagi dan siang hari karena persiapan ngantor dan kesibukan kantor pada siang hari. Memanfaatkan waktu menulis pada sore hari selepas selesai pekerjaan kantor bisa menjadi pilihan waktu untuk menulis mengisi blog.

Menulis sore hari selepas pulang kerja/ngantor mungkin menurut saya akan lebih nyaman jika dilakukan di rumah selepas mandi sore dan bisa dilakukan disela-sela menikmati waktu istirahat sambil minum teh.

Postingan terkait: