Keuntungan atau manfaat membuat blog

Blog atau blogging merupakan aktivitas kegiatan membuat tulisan-tulisan di internet menggunakan layanan blog dari penyedia layanan blog seperti : blogger, wordpress atau ada juga blog detik.



Tulisan-tulisan disertai gambar-gambar di dalam blog bisa kita perbolehkan dibaca bebas oleh orang lain namun bisa juga kita rahasiakan dan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa membacanya.

Keuntungan dan manfaat membuat serta memiliki blog.

Jika Sobat baru ingin coba-coba membuat sebuah blog tentu Sobat sudah memiliki arah dan tujuan blog tersebut akan digunakan untuk apa dan akan berisi apa ?. Namun agar lebih jelas dan terarah mengenai manfaat dan keuntungan membuat dan memiliki sebuah blog, silahkan Sobat teruskan membaca uraian-uraian di bawah ini, tentang manfaat menjadi seorang blogger :

1. Jadi lebih lancar mengetik.

Karena ngeblog identik dengan ketik-mengetik untuk membuat sebuah tulisan-tulisan, maka kegiatan tersebut akhirnya memaksa saya jadi lebih terampil dalam mengetik di komputer.

Dahulu sebelum rajin ngetik untuk mengisi konten blog, saya hanya bisa mengetik menggunakan 11 jari yaitu menggunakan 2 telunjuk jari kiri dan kanan saja, sehingga menyerupai angka 11...hehehe..

Alhamdulillah saat ini saya hampir bisa menguasai cara mengetik 10 jari tanpa melihat keyboard dan bisa mengetik langsung menatap layar komputer.

2. Lebih sering membaca.

Karena menulis membutuhkan berbagai referensi dan pengetahuan, akhirnya untuk melengkapi dan mendasari tulisan-tulisan saya di blog, maka saya jadi lebih rajin dan sering membaca apapun sebagai bahan referensi dan juga sambil belajar mengenal gaya tulisan milik orang lain.

3. Bisa menjadi terkenal.

Karena internet merupakan media dan jaringan komputer yang tiada batasnya, tulisan-tulisan pada blog yang kita miliki bisa dibaca siapapun dimanapun. Hal tersebut menjadikan kita bisa menjadi dikenal banyak orang ketika isi blog miliki kita disukai dan bermanfaat untuk orang lain.

Jika blog kita banyak memberikan manfaat positif, maka secara tidak langsung pengunjung akan terus mengingat dan ingin mengetahui siapa pemilik blog yang dikunjunginya tersebut.

4. Menjadi seorang penulis hebat dan terkenal.

Menjadi seorang penulis hebat dan terkenal tidak harus dengan menerbitkan sebuah buku-buku, dengan media blogging kita bisa menjadi seorang penulis untuk blog kita sendiri.

Tulisan-tulisan kita bisa bebas dibaca orang lain, siapapun pengunjung blog kita. Ketika tulisan-tulisan kita bermanfaat dan enak dibaca, maka secara langsung kita telah menjadi seorang penulis hebat dan terkenal dari blog tanpa harus menerbitkan sebuah buku.

5. Blog juga bisa untuk menghasilkan uang.

Meskipun tidak semuanya memiliki orientasi ke arah ini, namun jika tanpa disengaja blog kita bisa menghasilkan pendapatan uang, kenapa harus ditolak bukan. 

Banyak blogger yang membuat blog bermula dari iseng justru dari blog isengnya tersebut blognya mampu menghasilkan banyak uang, bahkan bisa menjadi sumber mata pencahariannya.

Bagaimana cara menghasilkan uang dari blog dengan bisnis online, simak lebih detail artikelnya disini.

Masih banyak manfaat dan keuntungan membuat dan memiliki sebuah blog di internet yang tidak bisa saya tuliskan satu-persatu, namun penjelasan di atas semoga bisa menjadi wacana positif dan inspiratif bagi blogger pemula dan baru ingin coba-coba memiliki sebuah blog. Semoga bermanfaat

Postingan terkait: