6 inspirasi usaha dengan modal kecil menengah

Usaha kecil menengah atau biasa disebut dengan UKM merupakan salah satu pilar perekonomian di Indonesia, hampir 60% pemasukan Product Domestic Bruto dihasilkan dari usaha mikro, kecil dan menengah tersebut.


UKM yang merupakan salah satu penggerak perekonomian di desa-desa maupun perkotaan, UKM juga mampu menyerap lapangan pekerjaan untuk masyakarat terdekat dari lokasi centra kegiatan UKM tersebut.
Foto, maxmanroe.com
UKM atau Usaha kecil menengah bisa menjadi alternatif untuk mengurangi jumlah pengangguran di tengah-tengah tingginya pekerja produktif yang tidak mampu terserap dunia kerja karena kurangnya peluang pekerjaan.

Nah jika Anda termasuk orang yang memiliki modal kecil namun ingin pengusaha dan pelaku bisnis UKM, 6 jenis usaha di bawah ini bisa Anda jadikan pilihan untuk memulai sebuah bisnis dengan modal menengah sampai yang paling minimal, disesuaikan dengan bakat dan bidang yang Anda pahami atau mengerti :

1. Bisnis kuliner

Usaha bisnis Kuliner merupakan salah satu jenis pilihan bisnis yang cukup menjanjikan namun bisa dimulai dengan modal seminimal mungkin. Bisnis kuliner sangat menjanjikan karena makanan merupakan kebutuhan pokok yang setiap hari dibutuhkan dan selalu habis dikonsumsi.

Banyak alternatif pilihan untuk memulai bisnis kuliner seperti jualan jajanan ringan (camilan), minuman, kedai minuman, warung makan kecil-kecilan, kue-kue basah dan lain sebagainya.

2. Bisnis bidang Fashion

Fashion dan Kuliner sepertinya hampir sebelas dua belas, fashion dan kuliner merupakan kebutuhan yang selalu dicari orang setiap harinya. Karena pakaian merupakan salah satu kebutuhan manusia setelah makanan, pakaian merupakan kebutuhan sekunder.

Seperti bisnis kuliner, jika Anda ingin mencoba bisnis pada bidang fashion maka anda bisa memilih akan memasuki kategori bidang fashion yang mana seperti : fashion anak, fashion dewasa pria, dewasa wanita atau fashion muslimah. 

Banyak kategori dan bidang usaha yang dapat Anda pilih dari usaha kecil menengah jenis fashion ini.

3. Bidang pendidikan

Pendidikan selalu identik dengan ilmu, kemajuan dan perkembangan iptek selalu dan terus berkembang. Oleh karena itu, setiap individu pasti selalu membutuhkan pengetahuan tentang ilmu untuk menambah wawasan dan bekalnya dalam bekerja.

Membuat lembaga kursus atau membuat sendiri kelas private dari rumah ke rumah dengan mengajar private menjadi sebuah pilihan memulai wirausaha termurah dan termudah, kita cukup menambah wawasan dan pengetahuan mengenai bidang ilmu yang akan kita jadikan modal.

Dengan begitu kita tidak membutuhkan modal keuangan apapun kecuali kualitas pengetahuan keilmuan kita yang akan dijadikan modal mengajar.

4. Bidang otomotif

Perkembangan jumlah kendaraan bermotor dari hari ke hari kian membludag saja, Anda bisa lihat realitanya bahwa setiap rumah tangga nyaris minimal memiliki 1 kendaraan bermotor roda 2. Bahkan bagi mereka yang mampu dengan anggota Keluarga banyak biasanya kendaraannya lebih dari 1 buah.

Peluang tersebut bisa kita jadi inspirasi membuka usaha kecil menengah bidang otomotif seperti cucian motor, cucian mobil, bengkel motor atau penjualan spare part kendaraan bermotor dan aksesoriesnya.

5. Bidang Agrobisnis

Bidang agrobisnis atau pertanian bisa menjadi salah satu pilihan memulai usaha kecil dengan modal kecil juga. Seperti kita ketahui bahwa tanah dan pertanian di Indonesia sangat mudah ditanami apapun dan tergolong sangat subur.

Membuka peluang usaha di bidang Agrobisnis di Indonesia bisa menjadi salah satu alternatif cerdas memanfaatkan kesuburan tanah di Indonesia.

6. Bisnis online dengan jaringan internet.

Semakin majunya infrastruktur dan teknologi internet menjadikan dunia internet kembali naik daun dan mengalami kemajuan yang sangat pesat dalam 15 Tahun belakangan ini.

Bisnis-bisnis baru dengan menggunakan jaringan komputer internet banyak bermunculan dan terus menjamur hingga saat ini, ada yang maju terus berjaya, ada yang hanya sesaat dan banyak juga yang jatuh bangun di tengah persaingan.

Dengan memanfaatkan teknologi blog gratis dan jejaring sosial, Anda dapat dengan mudah memasarkan berbagai produk untuk dijual di internet.

Selain menjual barang, menjual jasa dan produk-produk lainnya juga bisa menjadi celah memulai bisnis menggunakan teknologi internet.

Sebenarnya masih cukup banyak bidang-bidang usaha yang bisa dijadikan pilihan dalam memulai usaha dengan modal kecil dan menengah, namun karena keterbatasan waktu dan tenaga Kami tidak bisa sebutkan semuanya lebih banyak pada kesempatan ini.

Anda bisa menulis pendapat Anda bisnis lain yang mungkin bisa dicoba dengan modal kecil pada kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Postingan terkait: