Manfaat dan tujuan menabung

Menabung memiliki banyak manfaat dan tujuan karena uang selalu identik dengan segala keperluan dan belanja segala kebutuhan barang dalam kehidupan sehari-hari. Sobat tentu bisa membayangkan apa yang terjadi jika kita hidup tanpa memiliki uang. Ada sebagian teman-teman yang sering kali mengeluh, gajian baru beberapa hari kok sudah habis padahal kebutuhan yang akan datang masih banyak dan dibutuhkan.

Untuk itu penting bagi kita untuk bisa memanage keuangan kita dengan cara menyisihkan uang dengan cara ditabung di bank atau di rumah untuk kebutuhan yang akan datang, untuk keadaan darurat dan sebagai tabungan tentunya. Mari kita simak beberapa manfaat dan tujuan positif kita menabung.
Manfaat dan tujuan menabung
Menabung uang

Investasi


Memiliki uang yang lebih di dalam tabungan tentu menjadikan kita bebas memanfaatkan uang tersebut untuk apapun yang bersifat positif seperti menjadikan uang tersebut sebagai bahan investasi bisnis. Tentu lebih baik jika kita berinvestasi bisnis dengan menggunakan uang tabungan daripada berinvestasi dengan uang pinjaman, jika saya pribadi akan memanfaatkan tabungan kita sebagai investasi sebesar 30-40% saja dan sisanya tetap dalam tabungan.

Pensiun


Ada pepatah mengatakan bahwa uang bisa dicari namun waktu tidak bisa, ya usia kita tentu juga terus bertambah dan apa yang terjadi di waktu yang akan datang kita juga tidak bisa menebaknya. Manfaat tabungan bisa kita jadikan cadangan dan bekal kelak di hari tua kita, atau bisa sebagai dana pensiun di kelak waktu.

Keadaan tak terduga


Keadaan darurat yang tidak terduga dalam kehidupan kita sehari-hari bisa saja terjadi, seperti sakit atau lainnya. Jika kita tidak memiliki uang tabungan, tentu kita akan bingung mencari sumber dana lain, meminjam uang pada saudara atau teman bisa-bisa saja. Namun alangkah baiknya jika kita memiliki tabungan tersendiri jika terjadi hal-hal darurat yang mendadak.

Untuk berbahagia


Ada kalanya manusia juga membutuhkan hal-hal yang bersifat hiburan, seperti bepergian atau membeli barang keinginan untuk diri sendiri. Hal tersebut tentu membutuhkan uang, jadi untuk sekedar bersenang-senang membahagiakan diri sebagai hiburan tidak ada salahnya jika kita mengunakan sebagian kecil uang tabungan kita, tentu tidak relevan jika kita ingin berekreasi atau bersenang-senang menggunakan uang pinjaman.

Biaya pendidikan

Salah satu hal wajib yang harus kita lakukan sebagai orang tua tentu harus bisa memberi pendidikan setinggi mungkin pada putra dan putri kita sebagai bekal kehidupan mereka dikemudian hari. Biaya pendidikan saat ini seperti kita ketahui semakin hari semakin melambung tinggi dan malah, untuk pendidikan yang berkualitas tentu kita harus bisa menyisihkan pendapatan kita sebagai cadangan biaya sekolah putra dan putri kita di kemudian hari.


Demikian beberapa manfaat dan tujuan menabung buat diri kita dan keluarga kita, semoga bisa bermanfaat dan berguna meskipun tidak terlalu detail. Terima kasih, salam.

Postingan terkait: