Belajar SEO

Cara belajar SEO, memiliki dan membuat Web dan blog rasanya bisa dan mudah dipelajari dalam hitungan minggu atau bulan  saja.

Tetapi apakah dengan memiliki dan membuat web saja sudah cukup untuk kita memulai kiprah di dunia internet, semisal web atau blog tersebut akan kita gunakan untuk berbisnis online ?

Saya rasa tidak..! kita masih harus mengoptimasi web blog kita agar menjadi ramah dan bisa tercium oleh mesin pencari sekelas google. Mesin pencari bisa kita analogikan seorang sales marketing online kita selama 24 jam penuh di internet, menyenangkan bukan....yah memang menyenangkan tetapi hanya untuk mereka yang sudah mengerti tentang optimasi sebuah web dan blog.

Tidak bagi kita yang memiliki dana tipis tetapi tidak mengerti tentang cara mengoptimasi web maupun blog yang kita miliki.
Belajar ngeblog
Sebenarnya banyak cara untuk belajar menimba ilmu tentang optimasi search engine untuk web dan blog kita, mulai dari yang gratis maupun berbayar baik secara e-course ataupun mengikuti pelatihan-pelatihan. Berikut ini tips cara mencari pengetahuan belajar optimasi search engine web dan blog :
  1. Gratis : belajar optimasi web secara gratis bisa saja dilakukan dengan rajin membaca dan praktek sendiri dengan trial & error, sobat bisa mencari pengetahuan dari grup-grup blogger di facebook atau bisa juga dengan googling artikel SEO di internet dan atau bisa juga bergabung di komunitas adsense-id.
  2. Berbayar : cara berbayar bisa sobat lakukan jika sobat memiliki dana yang lebih dan sudah mantap untuk menekuni bisnis online, dengan cara berbayar dengan mengikuti kursus online maupun offline lebih bisa menuntun Sobat untuk lebih runtut dan terperinci belajar SEO.
Sobat, demikian sedikit kutipan dari saya mengenai cari menjadi blogger agar matang dalam hal optimasi search engine.

Postingan terkait: