Tips Aman Menggunakan Facebook Untuk Wanita

Cara aman menggunakan facebook untuk wanita, tulisan ini saya buat hanya sebagai pengingat facebooker wanita ketika mengakses facebook dan berkenalan dengan teman-teman facebook di internet.
Rasanya sudah terlalu sering kita mendengar anak remaja wanita hilang setelah bertemu teman facebook, atau penipuan dan perbuatan asusila yang dilakukan oleh pria teman facebook. Yah itulah, ketika teknologi digunakan untuk hal-hal yang negatif dan disalah gunakan.
Gunakan Media Sosial dengan bijak
Bagi saya dan menurut pendapat saya pribadi..facebook bisa dikatakan sebuah belantara internet dan bisa dikatakan seperti kita berada di sebuah jalanan atau tempat umum. Ketika kita beraktivitas sehari-hari di jalanan atau di tempat umum, tentu perilaku kita juga mempengaruhi sikap dan penilaian orang lain kepada diri kita juga. Coba sobat pikirkan, penilaian seseorang tentu berbeda terhadap seorang wanita dengan busana hijab dibandingkan dengan wanita dengan busana minim. Jadi harus bagaimana kita mensiasati agar aman dalam menggunakan facebook atau sosial media di internet, berikut sedikit ulasannya menurut pendapat saya pribadi untuk sobat-sobat wanita :
  1. Foto profil, gunakan foto profil yang sopan dan jika Anda sudah berkeluarga lebih baik gunakan foto keluarga bersama anak-anak maupun suami.
  2. Status facebook, buatlah status yang lebih mengandung makna positif saja dan jika ada tanggapan negatif dari seorang teman pria di facebook lebih baik tidak perlu menanggapi.
  3. Upload foto, lebih baik upload foto-foto yang sopan dan berbusana sopan juga tentunya. Karena foto-foto dengan busana kurang sopan akan lebih cepat mengundang facebooker Pria untuk iseng juga berkomentar.
  4. Berkenalan, sah-sah saja ketika kita berkenalan dengan teman facebook namun jika mereka mengajak bertemu usahakan harus bertemu di rumah dan pastikan bahwa orang yang mengaku teman facebook kita benar mirip dengan foto-foto yang ada di profil facebook. Bertemu teman facebook di rumah kita dilakukan karena faktor keamanan dan menjaga hal-hal yang tidak kita inginkan.
Saya rasa 4 hal tersebut di atas bisa menjadi gambaran untuk pembaca blog saya terutama sobat-sobat wanita facebooker agar lebih nyaman dan aman dalam bersosial media di internet. Jika ada yang ingin menambahkan silahkan komen di kotak komentar. TQ

Postingan terkait: