Mencari Ide Usaha



Mencari ide usaha kenapa harus jauh-jauh, melihat dan mengamati kebiasaan di sekitar kita untuk dijadikan ide usaha bisa memunculkan ide usaha. Siapa sih orang yang tidak ingin memiliki usaha atau bisnis sendiri, menjadi bos kecil untuk usaha sendiri..
Begitulah sepenggal kalimat yang saya dapat dari kenalan yang bekerja pada sebuah Kantor Pajak, padahal seperti kita tahu pegawai Kantor Pajak Pemerintahan gaji atau penghasilan tentu jauh di atas pendapatan Karyawan lain di instansi pemerintah yang lain. Tetapi mereka masih terpikirkan untuk menjadi seorang enterpreneur daripada menjadi seorang pegawai, lebih nyaman menjadi Bos kecil kata Mereka…
Mulailah bisnis dari kecil
Mencari ide usaha, kenapa tidak kita mulai saja dari hobby atau kesenangan kita..jika saya sendiri lebih menyukai menempuh dari jalan tersebut, memulai usaha dari hobby rasanya lebih aman dan tentu mengasyikan. Mengapa saya katakan aman ketika kita memulai usaha dari hobby kita, ya karena dengan hobby kita tentu kita mengetahui seluk beluk detail tentang usaha yang akan kita jalani. Sedangkan enjoy sudah tentu, namanya juga hobby pasti kesukaan kita dong sehingga kita berbisnis seperti menjalani hobby kita namun bisa menghasilkan uang.

Contoh kecil, usaha berawal dari hobby…seorang klien saya Kepala Kantor Cabang sebuah Bank BUMN, Bapak ini menyukai koleksi sepeda kumbang kuno…dari sana beliau memulai usahanya dengan membuka bengkel reparasi sepeda dan jual beli sepeda..

Rasanya memang memulai usaha dari hal yang kita sukai lebih enjoy dan meminimalisir resiko tertipu oleh orang lain, karena kita benar-benar mengetahui detail produk yang akan kita jual.

Postingan terkait: