Tips Ringan Dalam Memulai Usaha

Melihat kesuksesan pengusaha yang dapat memiliki bisnis mengurita dan memiliki anak cabang usaha dimana-mana tentu kita akan sangat tergiur untuk mengikuti jejak mereka. Namun demikian kita tidak boleh hanya melihat kesuksesan mereka saja,
tetapi kita harus juga melihat jatuh bangun mereka dalam merintis usahanya. Berikut ini tips dalam memulai suatu usaha, sehingga bisa lebih terencana dalam mengawali usaha kita :
Menapaki sukses berbisnis
  1. Berfikir nyata dan realistis dalam melihat peluang usaha maupun model usaha.
  2. Jika membutuhkan modal kecil dan bisa ditanggung sendiri, lebih baik berbisnis sendiri tanpa melibatkan orang lain sebagai pemodal.
  3. Menjadi pemula bisnis tentu siap bekerja keras terlebih dahulu, tanpa melibatkan orang lain sebagai karyawan karena terlalu beresiko jika baru memulai usaha sudah merekrut karyawan.
  4. Anggap Anda sebagai karyawan di usaha Anda, sehingga setiap hari Anda mendapatkan bayaran sebagai kontribusi Anda dalam bekerja, hal ini akan menjadikan Anda lebih terpacu dalam bekerja dalam usaha Anda.
  5. Bersainglah dalam layanan dan kelebihan produk yang Anda tawarkan, jangan bersaing dalam harga karena akan membuat persaingan tidak sehat.
  6. Jika membutuhkan tenaga mitra kerja, carilah calon karyawan sebaik mungkin sehingga tidak justru membebani usaha Anda.
  7. Memahami basic keuangan dan omset usaha Anda kedepan tentu akan lebih menjadikan Anda mudah dalam merencanakan usaha Anda kedepan.
  8. Jika Anda memiliki supplyer produk, perlakukan dan hargai sebaik mungkin Vendor Mitra usaha Anda sehingga Vendor bisa memberi kepercayaan pada Anda dan tentu kedepan akan memberikan banyak manfaat.
  9. Totalitas, tentu totalitas dalam berbisnis bisa menjadikan usaha Anda menjadi baik dan semakin maju.

Postingan terkait: