Cara Membuat Email Surat Lamaran Kerja

Seiring kemajuan dan perkembangan jaman yang semakin berubah, dimana teknologi jaringan komputer internet sudah menjadi penopang utama segala aktivitas bisnis dan pekerjaan maka dewasa
ini kebutuhan akan pengajuan permohonan lamaran pekerjaan sudah mulai jarang mengunakan surat lamaran kerja format hard copy atau cetak kertas dengan dikirim via kurir. 
Mengetik email lamaran kerja
Mengetik email lamaran kerja
Disamping membutuhkan banyak waktu, surat lamaran pekerjaan dengan format cetak juga menjadi problem tersendiri bagi perusahaan pembuka lowongan pekerjaan, karena butuh ruang untuk menempatkan file-file surat lamaran pekerjaan tersebut.


Email sudah menjadi sebuah alternatif pengiriman dan pengajuan surat lamaran pekerjaan, disamping cepat email juga sangat praktis karena memiliki format soft copy dan tentu tidak memerlukan ruang kerja atau gudang sebagai tempat penyimpanan file. Perusahaan cukup menyediakan space pada komputer database kantor untuk menyimpan file email lamaran pekerjaan tersebut.

Bagaimana cara untuk mengirimkan email lamaran pekerjaan terutama untuk file-file lampiran berupa copy ijasah, sertifikat, surat pengalaman kerja dan lain-lain. Berikut ini sedikit tips dari saya :
  • Lampiran ijasah, untuk lampiran berupa ijasah bisa kita scan dan untuk scan bisa dilakukan dengan model continue atau langsungan dari satu dokumen scan langsung ke dokumen lain menjadi satu dalam format PDF. Sehingga dokumen lampiran kita tidak terpisah dan lebih rapi dalam satu file PDF.
  • Format PDF, jika menemui kendala dalam point di atas maka silahkan discan dokumen-dokumen tersebut secara terpisah dalam format JPEG atau format gambar kemudian file gambar tersebut dimasukkan ke dalam lembar kerja word secara berurutan dalam satu dokumen word dan disimpan dalam format PDF juga.
Dengan opsi di atas menjadikan mudah bagi kita untuk melampirkan Surat Lamaran Kerja kita pada email, bahkan pihak penerima email lamaran pekerjaan kita pun juga akan mudah dalam membuka dan membaca aplikasi kita. Untuk cara merubah file dari word ke PDF langsung dari word, silahkan sobat klik disini. Terima kasih.

Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "Cara Membuat Email Surat Lamaran Kerja"

  1. cara yang praktis untuk mengirim lamaran kerja, hemat waktu dan tidak perlu repot repot cetak pas foto

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mas,saya sendiri juga cukup buat soft copy 1x setelah itu tinggal edit-edit saja sesuai kebutuhan..

      Hapus
  2. memang zaman sekarang sdh serba online ... tak perlu lagi repot repot harus mengantar lamarannya ke kantor perusahaan tersebut

    BalasHapus